Jelang Hari Raya Kurban, DKP3 Bontang Gencarkan Pemeriksaan Hewan Ternak

KAREBAKALTIM.com – Jelang hari raya Iduladha, Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Perikanan (DKP3) Bontang gencar lakukan pemeriksaan hewan ternak.

Kepala Bidang Peternakan DKP3 Bontang Edy Foreswanto mengatakan pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan hewan ternak yang dijual dalam keadaan sehat. Sehingga aman dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Kata Edy, pemeriksaan kali ini dilakukan khusus bagi hewan ternak yang dijual untuk hari raya kurban. Adapun pengecekan dilakukan dengan melihat kondisi fisik hewan. Apakah sesuai dengan syarat untuk dikurbankan atau tidak, baik dari segi kesehatan maupun syariatnya.

“Sebenarnya hewan ternak ini sebelum didatangkan ke Bontang sudah dilakukan pemeriksaan ketat, baik dari tempat asal maupun saat bersandar di pelabuhan. Jadi sudah dipastikan sehat, namun kita periksa lagi untuk betul-betul memastikan kondisinya,” ujaranya, Rabu (7/7/2021).

Selanjutnya, setelah dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sehat hewan tersebut akan diberi cap berlabel sehat dari DKP3 Bontang.

“Setelah kita periksa akan kita tandai dengan cap sehat. Ternak yang sakit atau yang tidak memenuhi syarat maka tidak akan kami tandai,” ucapnya.

Lebih jauh, Edy mengatakan pihaknya akan terus memonitoring seluruh ternak yang ada di Kota Bontang. Baik menjelang hingga H+3 hari raya kurban.

“Untuk jumlah keseluruhan belum bisa pastikan, karena sampai 3 hari setelah lebaran nanti kita masih monitoring,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini