Dua Bulan Berlalu, Akhirnya Polisi Ungkap Hasil Labfor Penyebab Kebakaran Karena Kebocoran Listrik

KAREBAKALTIM.com – Setelah 2 bulan lamanya, Kepolisian Resor (Polres) Bontang akhirnya membeberkan hasil pemeriksaan laboratorium penyebab kebakaran pasar Citra Mas Lok Tuan.

Hal tersebut disampaikan saat melakukan konferensi pers di Mako Polres Bontang Jalan Bhayangkara Nomor 1, Gunung Elai, Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (16/4/2021).

Dalam Konferensi Pers, Kapolres AKBP Hanifa Martunas Siringoringo mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Surabaya, penyebab kebakaran akibat adanya kebocoran listrik.

Ia menjelaskan titik awal api berasal dari blok B kios milik salah satu pedagang S. Dengan kondisi tertutup dan terkunci dengan gembok. Serta di dalamnya terdapat lampu penerangan yang menyala 24 jam non stop.

Kebocoran arus listrik terjadi pada kabel power yang meleleh dan membakar isolasi kabel. Sehingga, api menyulut kertas, plastik, dan kayu yang ada di sekitarnya.

“Berdasarkan hasil dari tim Labfor Surabaya tidak ditemukan bahan kimia yang memicu kebakaran,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memeriksa sebanyak 23 saksi. Terdiri dari 11 pedagang, 2 petugas keamanan, 1 petugas kebersihan, 1 petugas UPT Pasar, dan 8 saksi yang berada di sekitar lokasi kejadian.

“Berdasarkan keterangan saksi juga banyak yang tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran,” ungkapnya.

Lebih jauh, Kapolres menyampaikan pihaknya akan melakukan gelar perkara. Untuk mengambil sikap penyebab utama kebakaran tersebut. Berdasarkan hasil Labfor dan keterangan saksi yang telah dikumpulkan. (*)

Reporter : Tomy Gutama
Editor : Siti Nurkhasanah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini