DKP3 Bontang Wanti-wanti Peternak Babi Waspadai Penyakit African Swine Fever



KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang mewanti-wanti peternak babi untuk mewaspadai penyakit African Swine Fever atau ASF. Yang kini tengah menyebar di beberapa daerah di Indonesia, tak terkecuali Kalimantan Timur.

Virus ASF adalah sejenis penyakit menular pada babi dan dapat mengakibatkan kematian pada ternak atau babi hutan.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hewan DKP3 Bontang Riyono mengatakan ASF adalah penyakitpada babiyang sangat menular dan dapat menyebabkan kematianpada babihingga 100 persen. Sehingga mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar.

“Sekali kena bisa habis semua babi di Kota Bontang ini,” ujar Riyono belum lama ini.

Untuk mengantisipasi penyebaran ASF di Kota Bontang, pihaknya pun telah menyurati dan memberikan penyuluhan kepada para peternak babi dan juga pihak kelurahan setempat.

Kendati mematikan bagi babi, Riyono memastikan penyakit tersebut tidak menular ke manusia. Namun hanya ke sesama babi saja.

“Meski tidak menular ke manusia namun harus kita cegah masuk ke Bontang. Karena bisa rugi peternak babi nanti kalau sampai kena,” ujarnya.

Kata Riyono, di Kalimantan Timur saat ini penyakit tersebut sudah masuk. Salah satunya di Kabupaten Berau. Ia berharap, di Kota Bontang tidak terjadi demikian.

“Kita harap jangan sampai masuk lah di Bontang. Makanya kalau bisa kita cegaj sebelum masuk,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini