25 C
Bontang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_img

DKP3 Bontang : Es Krim Kepiting Raih Harapan 1 di Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi

KAREBAKALTIM.com – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kaltim menggelar Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Tahun 2021, pada 21 Oktober lalu.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga diadakan lomba pangan lokal guna memasyarakatkan gerakan diversifikasi pangan mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan di Kaltim.

Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Bontang berhasil meraih juara harapan 3 untuk kategori Lunch Box Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA).

“Pesertanya perwakilan PKK Tanjung Laut Indah, sebagai perwakilan Bontang,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, DKP3, Debora Kristiani, Senin (25/10/2021).

Untuk kategori Pangan Olahan Komersial, pihaknya membawa sejumlah menu andalan yang dapat menggugah selera seperti, Es Krim Kepiting, Keripik Ikan Bawis, Teri Krispi, Keripik Kulit Bandeng, dan juga Sempol Rumput Laut.

“Es Krim Kepiting kita dapat juga harapan,” sebutnya.

Pemenang Festival Pangan Lokal untuk kategori Paket Makan Siang (Lunch Box B2SA) dengan peserta Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se Kaltim, yakni juara satu diraih Berau, juara dua dan tiga diraih Balikpapan dan Kutai Timur, sedangkan Harapan satu, dua dan tiga diperoleh Samarinda, Paser dan Bontang. Untuk kategori Inovatif diraih Kutai Kartanegara, penampilan terbaik Kutai Barat, Komersial Penajam Paser Utara dan Kreatif diterima Mahakam Ulu.

Sementara kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial Dalam Kemasan, juara pertama diraih Paser, juara kedua Kutai Timur dan juara ketiga Balikpapan. Juara Harapan satu, dua, dan tiga diperoleh Bontang, Kutai Kartanegara dan Mahakam Ulu. Juara kategori Inovatif oleh Samarinda, Penampilan Terbaik Kutai Barat, Komersial Berau dan Kreatif diraih Penajam Paser Utara.

Sedangkan pemenang kategori Paket Snack Box dengan peserta pelaku usaha catering UMKM wilayah Kota Samarinda, yakni juara satu diterima Tia Catering, juara dua Faiza, juara tiga Syahwa. Harapan pertama diperoleh Maleho, Harapan kedua Barokah dan Harapan ketiga Fitri. Untuk kategori Inovatif dan Jajanan Millenial diraih Boy Pudis, penampilan terbaik Dapur Aulia dan komersial diperoleh Dapur Anita. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,048PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles