DKP3 Akan Beri Bantuan Nelayan untuk Penuhi Kebutuhan Sehari

KAREBAKALTIM.com – Nelayan adalah kelompok masyarakat yang mendiami dan menggantungkan hidupnya pada sumber daya kelautan dan perikanan.

Oleh karena itu, nelayan dikategorikan masyarakat rentan. Sebab tak punya alternatif sumber kehidupan lain, selain melaut.

Dari itu, Kepala Bidang Tangkap Ikan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang Syamsu Wardi, mengatakan, pihaknya akan memberikan bantuan yang diperuntukkan bagi para pekerja yang mencari penghasilan di laut secara tepat sasaran.

Lanjutnya, jumlah keseluruhan anggaran Bidang Perikanan sebesar Rp12, 5 miliar. Namun, Rp7 miliar dihibahkan kepada para nelayan, untuk keperluan mata pencaharian mereka.

“Nantinya digunakan untuk memenuhi berbagai macam keperluan mereka,” sebutnya saat menggelar rapat kerja bersama DPRD Bontang, Selasa (20/4/2021).

Anggaran yang ada pun akan dikelola kembali. Seperti membeli bibit ikan, alat-alat penangkapan ikan. Selain itu, pihaknya juga sudah memiliki data nelayan penerima bantuan. Jadi pemberiannya akan tepat sasaran.

Sementara, anggota Komisi ll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang, Sumaryono, menekankan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungannya teliti jika memberi bantuan, khususnya yang bekerja sebagai nelayan.

Kata dia, bantuan yang diberikan harus tepat sasaran. Sehingga, perekonomian nelayan terpenuhi.

“Jangan asal memberi bantuan, harus benar-benar tepat sasaran,” pintanya. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.