27.8 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Disnaker Belum Bisa Pantau Langsung Pengumuman Kartu Prakerja Setiap Gelombang

KAREBAKALTIM.com – Pengumuman Kartu Prakerja gelombang 22 dapat diakses melalui Short Message Service (SMS) atau website resmi www.prakerja.go.id.

Akun Instagram (IG) official @prakerja.go.id, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja adalah yang pertama kali memposting ucapan selamat kepada para peserta lolos.

“Selamat bagi Sobat yang telah lolos sebagai penerima Kartu Prakerja gelombang 22,” tulis akun tersebut, Senin (1/11/2021).

Para peserta diimbau melakukan pengecekan secara berkala dan memilih pelatihan dengan benar karena kesempatan mengikuti program ini hanya satu kali.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bontang, Abdu Safa Muha turut mengucapkan selamat untuk mereka yang masih sedang berusaha berburu pekerjaan.

Meski demikian, pihaknya kesulitan jika harus memantau langsung para peserta tersebut. Sebab, pendaftaran dilakukan Daring (Dalam Jaringan) ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) tanpa perantara dinas atau lembaga-lembaga tenaga kerja terkait.

“Pemantauannya agak sulit, karena itu kan online langsung ke Kemnaker,” ujarnya.

Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk fisik, melainkan hanya dengan 16 angka dari Nomor Kartu Prakerja yang wajib dijaga kerahasiaannya.

Nomor inilah yang nantinya akan digunakan untuk membeli pelatihan-pelatihan dibeberapa vendor yang tersedia seperti, Bukalapak, Mau Belaja Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Kariermu, atau Tokopedia.

Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman. Jika lewat dari waktu tersebut, kepesertaan akan dicabut.

Berikut cara cek hasil pengumuman Kartu Prakerja gelombang 22:

1. Lewat SMS

Pendaftar yang lolos akan mendapatkan SMS pemberitahuan resmi dari pihak PMO Kartu Prakerja. Oleh karena itu, pastikan nomor HP yang didaftarkan selalu aktif.

“Peserta yang lolos akan menerima SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat,” tulis akun Instagram @prakerja.go.id.

2. Notifikasi di Dashboard

Peserta yang lolos seleksi Prakerja juga akan mendapat notifikasi di dashboard akun Kartu Prakerja-nya masing-masing. Karenanya para peserta dapat login ke akun masing-masing di www.prakerja.go.id untuk mengeceknya.

Jika peserta dinyatakan lolos, maka mereka harus menonton tiga video tentang Kartu Prakerja. Kemudian, cek nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun Prakerja. Namun jika peserta tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles