24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Gelar Panen Bersama Kelompok P2L Dasawisma Sikaboro, Wawali Berikan Apresiasi

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang gelar panen bersama di Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kelompok Dasawisma Sikaboro’ Kelurahan Kanaan, Senin (1/11/2021).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Pangan Sedunia yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang.

Plt Kepala DKP3 Bontang Edy Foreswanto mengatakan Dasawisma Sikaboro’ dipilih sebab kelompok tersebut merupakan salah satu kelompok P2L yang cukup berhasil menjalankan program tersebut. Sehingga dapat menjadi percontohan bagi kelompok lainnya di Kota Bontang.

Ia menjelaskan, P2L merupakan kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat dalam melakukan budidaya berbagai jenis tanaman. Melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan yang dilakukan di lahan tidur. dan pekarangan sekitar tempat tinggal dengan menggunakan polibag.

“Saat ini kita sudah memiliki total 21 kelompok P2L se-Kota Bontang,” ujarnya.

Lebih jauh, ia berharap program P2L dapat lebih berkembang lagi kedepannya. Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang turut berpartisipasi menyukseskan program tersebut.

“Perkembangan sejauh ini terus melihatkan tren positif, kita harap kedepan lebih berkembang pesat lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Najirah yang turut mengikuti panen bersama itu mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan ibu-ibu di kelompok Dasawisma Sikaboro’ tersebut.

Menurutnya pemanfaatan pekarangan melalui program P2L merupakan kegiatan yang sangat positif yang sejalan dengan program pemerintah untuk melakukan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan urban farming.

“Harapannya dapat menjadi sumber pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, khusunya sayuran segar dan sehat yang bebas dari penggunaan bahan-bahan kimia buatan,” ungkapnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles