24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Cegah Penyebaran, DKP3 Bontang Gelar Bimbingan Teknis Rabies



KAREBAKALTIM.COM – Cegah menyebarnya Virus Rabies Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang gelar bimbingan teknis terkait bahayanya penyakit menular tersebut.

Kepala Bidang Peternakan DKP3 Bontang Eddy Foreswanto mengatakan guna meminimalisir kasus pihaknya menggandeng pihak kelurahan, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas se-Kota Bontang.

“Agar jika terjadi kasus gigitan pada masyarakat, maka pihak kelurahan dapat membantu penanganan terhadap korban,” ujarnya disela kegiatan, Selasa (15/6/2021).

Dikatakan Eddy, saat ini masih banyak masyarakat yang masih menyepelekan penularan penyakit zoonosis tersebut. Padahal jika tidak tertangani dengan baik, maka bisa berakibat fatal bahkan menyebabkan kematian.

Meski belum pernah ada kasus penularan rabies dari hewan ke manusia, namun potensi penyebaran masih tetap ada. Terlebih virus dapat dengan mudah ditularkan melalui hewan disekitar masyarakat. Seperti anjing, kucing, dan kera.

“Hingga kini penyakit ini belum ada obatnya, jadi yang bisa kita lakukan adalah pencegahan,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia mengatakan pihaknya juga akan menyurati pihak kelurahan agar dapat membantu mengimbau warganya agar selalu waspada terhadap penularan Virus Rabies. Serta dapat mendorong warga untuk dapat memberikan vaksin kepada hewan peliharaannya.

“Kita harap dengan menggandeng pihak kelurahan bisa secara efektif mencegah penularan rabies,” tukasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles