28.2 C
Bontang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_img

Cegah Penularan Rabies, DKP3 Bontang Target 3000 Dosis Vaksin Hewan

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang melakukan vaksinasi rabies terhadap Hewan Penular Rabies (HPR), Selasa (10/8/2021).

Vaksinasi rabies tersebut dilaksanakan selama dua hari. Terhitung 10 hingga 11 Agustus 2021 di 4 kelurahan, diantaranya Kelurahan Tanjung Laut, Tanjung Laut Indah, Berebas Pantai, Berebas Tengah.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Hewan DKP3 Kota Bontang, Riyono menyebutkan, vaksin ini diberikan secara gratis dengan tujuan untuk pencegahan rabies. Terlebih kota dijuluki Kota Taman ini termasuk daerah endemis rabies.

Ia menjelaskan, tahun 2021 pihaknya mendapat 3000 dosis vaksin. Target realisasi bulan Agustus 1000 dosis untuk anjing, kucing, monyet.

“Jumlahnya untuk setahun. Tapi bulan ini kita targetkan 1000 dulu, jika sudah terpenuhi masyarakat masih tetap bisa membawa hewan mereka ke Puskeswan,” ujarnya saat ditemui di parkiran Kelurahan Tanjung Laut Indah.

Adapun kategori hewan yang bisa divaksin merupakan hewan yang sehat, tidak dalam keadaan hamil, sakit, kurang makan, minimal usia hewan 3 bulan serta tidak ada keluhan lainnya.

“Jadi kita screening dulu, Mbak. Gak langsung disuntik,” tutupnya. (*)



Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,038PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles