27.3 C
Bontang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Bupati Ardiansyah Beri Pembekalan Mahasiswa KKN STIPER Kutim

KAREBAKALTIM.com, SANGATTA – Sebanyak 90 mahasiwa Sekolah Tinggi Pertanian (STIPER) Kutai Timur (Kutim) mengikuti santiaji atau pembekalan sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kali ini akan ditempatkan di Kecamatan Sangkulirang.

Mengangkat tema “Membangun Desa Berbasis Pertanian Tepat Guna Mewujudkan Masyarakat Mandiri di Kecamatan Sangkulirang” dibuka langsung oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Aula Kampus STIPER Kutim, Selasa (11/7/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa santiaji atau pembekalan KKN adalah upaya yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta KKN mengenai berbagai hal yang dianggap penting agar dalam pelaksanaan KKN para mahasiswa tidak merasa bingung dengan program apa yang mesti dilaksanakan.

“Santiaji itu sederhananya adalah pengarahan, pemberian petunjuk. Kemudian praktik-praktik kecil sebelum pelaksanaan kegiatan. Makanya tadi saya kaget masih ada namanya santiaji dan alhamdulillah STIPER masih menggunakan istilah itu,” ucapnya dihadapan Ketua STIPER Kutim Juraemi, Ketua Yayasan Pendidikan Kutim Suprihanto, para dosen dan mahasiswa peserta santiaji KKN STIPER Kutim.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Pemkab Kutim akan terus berupaya untuk mendorong dan menjadikan kabupaten ini menjadi daerah agribisnis dan agroindustri, sesuai dengan rencana global desain dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kutim 2001-2025.

“Ini merupakan periode terakhir dimana sektor pertanian secara umum menjadi program prioritas dalam pembangunan daerah,” jelasnya.

Terakhir, ia juga merasa bersyukur, produk pertanian yang dihasilkan oleh para petani dari Kutim, pelan tapi pasti sudah bisa menembus pasar nasional hingga mancanegara.

“Alhamdulillah para petani bisa mendapatkan nilai manfaat dari hasil pertanian dan pemerintah tugasnya memfasilitasi, mendorong dan memberikan kebijakan, sehingga petani mendapatkan manfaatnya,” ucapnya. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan