27.3 C
Bontang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

BPBD Pastikan Banjir Besar di Kutim Tidak Berdampak Hingga Bontang

KAREBAKALTIM.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bontang memastikan banjir besar di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tidak berdampak pada wilayah Kota Bontang.

Kepala BPBD Bontang Zainuddin menjelaskan, aliran sungai yang meluap di Kutim tidak akan berpengaruh ke aliran sungai yang ada di Bontang. Selain itu jarak antara wilayah terendam banjir di Kutim dengan yang ada di Bontang juga cukup jauh. Sehingga, ancaman banjir kiriman sangat kecil terjadi.

“Lokasi titik banjir di Kutim juga cukup jauh dari Bontang sehingga masih aman lah dan tidak akan berdampak ke Bontang,” ujarnya, Senin, 21 Maret 2022.

Kecuali, kata dia, intensitas hujan di wilayah atas (Desa Suka Damai) cukup tinggi. Disusul meluapnya sungai di daerah jalan poros kilometer 10 Bontang-Samarinda maka dapat menyebabkan banjir hingga kawasan Bontang.

“Karena sungai di kilo 10 satu aliran dengan sungai yang ada di Bontang. Jika di sana banjir otomatis di sini juga,” paparnya.

Walau banjir di Kutim tidak berdampak secara langsung ke wilayah Bontang, pihaknya tetap bersiaga. Mengingat beberapa hari belakangan intensitas hujan cukup tinggi.

Selain itu, sejumlah personel BPBD Bontang? tikut serta mengirimkan perahu karet ke titik banjir di Kutim. Guna membantu evakuasi warga setempat.

“Kita sudah antarkan perahu karet milik BPBD Kaltim yang stand-by di Bontang serta 6 anggota ke kilometer 8 jalan poros Sangatta-Bontang,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama
Editor : Qadlie Fachruddin

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan