25.3 C
Bontang
Senin, November 29, 2021
spot_img

Berdayakan Petani Binaan, DKP3 Bontang Berikan Bimtek Pembuatan Tricho Kompos


KAREBAKALTIM.com – Latih kemandirian petani, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang berikan bimbingan teknis pembuatan kompos organik, Rabu (9/6/2021).

Pelatihan dilakukan di Sekretariat Tani Asri Kampung Masdarling Kelurahan Gunung Telihan bersama 7 kelompok tani se- Kecamatan Bontang Barat lainnya. Adapun materi yang diberikan yakni cara membuat kompos tricoderma atau Tricho Kompos.

Trichokompos merupakan salah satu bentuk pupuk organik kompos. Trichoderma yang terkandung dalam kompos ini berfungsi sebagai dekomposer bahan organik. Dan juga sekaligus sebagai pengendali OPT penyakit tular tanah, seperti Sclerotium sp, Phytium sp, Fusarium sp, Phythoptora sp, dan Rhizoctonia sp.

Kasi Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan DKP3 Bontang Syawal mengatakan pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan penyuluhan pengendalian hama terpadu (PHT). Yang rutin pihaknya lakukan kepada kelompok petani.

“Sebenarnya ada banyak jenis olahan pupuk organik yang bisa dibuat. Namun materi yang kali ini kami bawakan yakni membuat trichokompos,” ungkapnya.

“Jadi tiap penyuluhan kami bawakan materi yang berbeda di tiap pertemuan,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan tujuan kegiatan tersebut yakni untuk mengajak petani beralih menggunakan bahan-bahan organik ketimbang bahan kimia. Agar dapat menghasilkan produk yang aman serta sehat untuk di konsumsi masyarakat.

“Memang tidak mudah untuk betul-betul beralih ke organi, namun perlahan pasti bisa. Setidaknya dapat sedikit mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama




Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,036PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles