25.5 C
Bontang
Minggu, November 28, 2021
spot_img

Dorong Pertanian Organik, DKP3 Bontang Berikan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati


KAREBAKALTIM.com – Dorong petani beralih ke konsep pertanian ramah lingkungan, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang lakukan pendampingan kepada kelompok tani se-Kecamatan Bontang Barat, Rabu (9/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, DKP3 Bontang berikan pelatihan bagaimana cara membuat pestisida alami berbahan dasar daun pepaya.

Kasi Perlindungan Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan DKP3 Bontang Syawal menjelaskan banyak jenis pestisida alami yang dapat dibuat menggunakan bahan yang mudah dan murah. Salah satunya yakni menggunakan daun pepaya.

“Pestisida ini tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada tanaman maupun lingkungan. Serta dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan yang murah dan peralatan yang sederhana,” kata Syawal.

Prinsip kerja pestisida nabati ada tiga yaitu menghambat, merusak dan menolak. Hal ini akan tampak pada cara kerja pestisida nabati dalam melindungi tanaman dari gangguan hama dan penyakit.

Adapun cara membuat pestisida menggunakan daun pepaya yakni hanya membutuhkan 1 kg daun pepaya dan 10 liter air. Selanjutnya, daun pepaya ditumbuk halus kemudian dicampurkan air lalu rendam selama 2 hari. Setelah itu, saring larutan hasil rendaman, kemudian semprotkan pada tanaman.

“Pepaya mengandung bahan aktif papain sehingga efektif untuk mengendalikan ulat dan hama penghisap,” ungkapnya.

Syawal berharap dengan pelatihan ini, petani dapat secara mandiri membuat pestisida menggunakan bahan alami. Selain bahan dasar yang murah dan mudah didapat, juga dapat menghasilkan produk yang aman di konsumsi masyarakat.
Kita harap

“Kita harap ilmu yang telah diberikan dalam pelatihan hari ini dapat diimplementasikan oleh petani disini,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,032PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles