Atasi Bau Tak Sedap di RPH, DKP3 Bontang Lakukan Langkah Ini

dkp3 bontang
Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Peternakan, DKP3 Bontang Jois Ratna Andi Lolo. (Foto: Mirah)

KAREBAKALTIM.com – Bau tak sedap yang berasal dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kelurahan Telihan, Kecamatan Bontang Barat sempat dipermasalahkan oleh masyarakat setempat.

Namun pada tahun 2022 ini, pihak Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPK3) Bontang melalui Dinas Peternakan melalukan renovasi pembuangan limbah di RPH tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, DKP3 Bontang Jois Ratna Andi Lolo saat ditemui di Gedung Graha Taman Praja, Senin, 18 Juli 2022 lalu.

“Di sana ada penampungan, hanya saja limbahnya berbau. Sekarang ini sedang dalam tahap renovasi,” ungkapnya.

Selain itu, limbah hewan tersebut dibersihkan secara manual. Kemudian diangkut dan diantar ke salah satu petani di Kota Taman untuk dijadikan pupuk.

“Ada petani yang tampung, mereka punya kebun dijadikan pupuk nantinya. Jadi kotorannya kita antar ke sana, daripada dibuang. Sedang ada yang mau memanfaatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Medik Veteriner Dinas Peternakan DKP3 Kota Bontang, Drh Saipul, berharap dengan adanya renovasi di penampungan bak limbah hewan di RPH dapat meminimalisir bau yang tak sedap.

“Jadi tempatnya itu direnovasi. Sekarang dibersihkan, nanti kalau alatnya sudah diperbaiki mudahan tidak terlalu bau lagi,” pungkasnya.

Reporter : Mirah Hayati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini