29.2 C
Bontang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Tingkatkan Pasar UMKM Lokal, Pupuk Kaltim Fasilitasi Mitra Binaan di Inabuyer B2B2G Expo 2023

KAREBAKALTIM.COM – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali fasilitasi UMKM binaan untuk meningkatkan peluang dan potensi pasar, melalui keikutsertaan pada Inabuyer B2B2G Expo 2023. Kegiatan berlangsung di SMESCO Convention Hall Jakarta, pada 5-7 Juli 2023.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengatakan pada Inabuyer B2B2G Expo tahun ini Pupuk Kaltim memfasilitasi satu mitra binaan, yakni UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman herbal dengan produk Teh Gaharu Kalimantan Timur. Produk ini telah mendapatkan izin edar dari BPOM dengan kualitas yang teruji, sebagai jaminan mutu dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Selama kegiatan, UMKM binaan Pupuk Kaltim itu tergabung bersama empat binaan Pupuk Indonesia Grup lainnya dalam satu booth, sebagai wujud harmonisasi antar perusahaan dalam memajukan UMKM di Indonesia.

Menurut Sugeng, Inabuyer merupakan salah satu sarana yang tepat untuk membuka peluang pasar UMKM binaan. Terlebih pada pameran procurement dan sourcing ini, buyer bertindak sebagai exhibitor serta mengundang supplier untuk datang memperkenalkan produk unggulannya. Hal ini sangat potensial bagi UMKM binaan, agar produk yang dihasilkan bisa dilirik calon pembeli untuk skala yang lebih besar.

“Hal ini salah satu upaya Pupuk Kaltim dalam mendorong UMKM naik kelas, utamanya membuka peluang dengan potensi penjualan di pasar nasional, sehingga kedepan bisa terus berkembang untuk didorong secara global,” kata Sugeng, Rabu (12/7/2023).

Dijelaskan Sugeng, arah pembinaan dan pendampingan Pupuk Kaltim bagi UMKM dilaksanakan secara kontinyu sekaligus terarah, dengan membekali pelaku usaha penguatan kapasitas hingga memastikan produk memiliki kualitas yang terjamin. Apalagi di sektor makanan dan minuman, faktor kelayakan konsumsi dan kesehatan produk menjadi hal utama yang ditekankan bagi pelaku usaha binaan.

Hal ini pun menjadi landasan Pupuk Kaltim dalam memberikan fasilitas pendampingan secara intensif melalui berbagai uji laboratorium dan sertifikasi. Mulai dari sertifikasi Halal oleh MUI, sertifikat merek dan hak paten, hingga uji BPOM secara bertahap bagi seluruh binaan di sektor makanan dan minuman maupun herbal.

“Jaminan kualitas produk yang sehat dan sesuai standar BPOM, merupakan sasaran utama pendampingan bagi UMKM binaan Pupuk Kaltim pada sektor makanan maupun minuman. Ini menjadi perhatian utama untuk memberi perlindungan kepada konsumen,” lanjut Sugeng.

Dirinya pun optimis keikutsertaan UMKM binaan Pupuk Kaltim pada Inabuyer tahun ini semakin memperluas potensi penjualan, seiring dikenalnya produk binaan oleh publik di pasar nasional. Dimana kegiatan ini menjadi wadah berkumpulnya komunitas buyer di Indonesia. Baik dari asosiasi, pemerintahan, swasta hingga industri untuk melakukan aktivitas business matching, networking dan kontrak kerja secara langsung.

“Pengembangan potensi pasar bagi UMKM binaan akan terus disasar Pupuk Kaltim, agar pelaku usaha lokal yang berdaya saing semakin terwujud. Disamping juga membuktikan jika produk lokal mampu bersaing di pasar nasional maupun internasional,” tambah Sugeng.

Pemilik usaha Teh Gaharu Kalimantan Timur Hainun, mengaku sangat antusias produknya difasilitasi Pupuk Kaltim pada Inabuyer Expo tahun ini untuk menjangkau potensi pasar dengan lebih luas. Selain teh gaharu, usahanya juga memiliki berbagai jenis produk kue dan camilan seperti Choco Gaharu Cinnamon, Choco Gaharu Coffee hingga Choco Gaharu Cookies yang sejauh ini masih dipasarkan pada tataran lokal Bontang dan regional Kalimantan Timur.

“Dengan keikutsertaan pada kegiatan ini, produk kami jadi semakin dikenal dan bisa memperluas potensi penjualan kepada para buyer di tingkat nasional. Ini menjadi salah satu keunggulan jadi binaan Pupuk Kaltim, karena sampai tahap promosi juga difasilitasi,” ujar Hainun.

Dikatakannya, selama jadi UMKM binaan Pupuk Kaltim usahanya difasilitasi beragam pengurusan dokumen kelengkapan usaha, seperti sertifikasi Halal, sertifikat merek dan paten hingga uji BPOM. Disamping penguatan kapasitas usaha dengan berbagai dukungan fasilitas penunjang, untuk peningkatan tata kelola guna memberikan jaminan kualitas di tiap produk.

“Kami terus didorong Pupuk Kaltim untuk menghadirkan produk berkualitas dengan pengolahan yang sesuai standar, guna memberi jaminan kepada konsumen. Ini telah menjadi komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas mutu produk dengan pengolahan yang lebih baik,” terang Hainun.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan