27.3 C
Bontang
Jumat, Mei 31, 2024
spot_img

Timbunan Kerap Sebabkan Banjir, Komisi III Rencanakan Pertemuan dengan PKT

KAREBAKALTIM.com – Warga sekitar RT28, Kelurahan Lok Tuan, Kecamatan Bontang Utara mengeluhkan sering terjadi banjir ketika turun hujan.

Ditemui usai Inspeksi Mendadak (Sidak), Senin (19/10/2020) pagi. Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Amir Tosina menyampaikan penyebab-penyebab banjir yang ada di RT28.

Mulai dari penumpukan sampah hingga sedimentasi saluran drainase.

“Drainase yang tertumpuk sampah dan tersedimentasi menyebabkan saluran menjadi sempit, dan tidak dalam sehingga air mudah meluber dan menyebabkan banjir,” ujar Amir.

Selain itu adanya penimbunan tanah yang di lakukan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), membuat aliran air di drainse milik warga tidak dapat keluar.

“Setelah kita lihat dilokasi, kita temukan bahwa terjadi penimbunan lahan di belakang pemukiman warga, sehingga aliran air ketika hujan ataupun pasang air laut menjadi tidak adalagi untuk mencari jalan keluar sehingga menyebabkan banjir di lingkungan RT28,” ujarnya.

Komisi III berencana akan memanggil pihak PT PKT untuk berkoordinasi dan mencari solusi terkait permasalahan yang terjadi di RT tersebut.

“Dalam waktu dekat, kita akan panggil PT Pupuk Kaltim serta dinas-dinas terkait untuk mencari solusi mengurangi banjir yang ada di RT 28,” tutupnya. (ADV)

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan