Tidak Layak Huni, 200 Unit Rumah Warga di Selambai Akan Dibedah

KAREBAKALTIM.com – Sebanyak 200 unit rumah warga di Selambai, Kelurahan Bontang Utara akan dibedah pada Juni 2021 mendatang. Program ini dilakukan sebagai upaya penyediaan rumah yang layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan, Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Bontang, Muhammad Nur melalui Staf Perkim dan PSU Bontang Hendra Hadyanto.

“Saat ini masih proses verifikasi data calon penerima. Tapi awal Juni sudah harus ada progres fisik, karena target kita akhir November 2021 sudah harus selesai,” ungkapnya saat ditemui di gedung Gabungan Dinas Taman Praja Bontang Lestari, beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan, program perbaikan rumah atau bedah rumah tersebut merupakan program pemerintah pusat yang mana menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) integrasi.

Masing-masing unit rumah menggunakan anggaran sebesar Rp52 juta dengan rincian Rp45 juta untuk bahan bangunan. Sementara Rp7 juta digunakan membayar gaji tukang.

“Anggarannya terbatas, kurang lebih Rp1 miliar. Jadi rumah bedah tidak dibongkar secara keseluruhan, melainkan diperbaiki saja sesuai kondisi rumah,” bebernya.

Kategori penerima bantuan bedah rumah di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI), MBR, rumah milik sendiri dan dihuni, dan rumah yang terdampak akibat pembangunan jalan lingkungan. (*)



Reporter : Mirah Hayati
Editor : Risman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini