25.4 C
Bontang
Senin, Juli 15, 2024
spot_img

SDN 004 Loa Kulu Terapkan Kurikulum Merdeka untuk Tingkatkan Minat Belajar

KUKAR, KAREBAKALTIM.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mengadopsi Kurikulum Merdeka dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didiknya.

Kepala Sekolah SDN 004 Loa Kulu, Syafransyah, menilai kurikulum ini lebih unggul dibandingkan Kurikulum 2013 (K13) sebelumnya.

Menurut Syafransyah, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada mata pelajaran, tetapi juga pada pembentukan karakter dan keterampilan siswa.

“Dengan menerapkan Kurikulum Merdeka, pelajaran sekarang ini jauh lebih efektif dalam membentuk karakter peserta didik,” ujarnya pada Kamis (13/6/2024).

Kurikulum Merdeka juga mempermudah proses belajar mengajar bagi guru, karena mereka hanya perlu mengidentifikasi minat dan hobi siswa.

“Peranan guru sangat penting dalam memenuhi kebutuhan siswa-siswi,” tambah Syafransyah.

Untuk lebih meningkatkan minat belajar, guru-guru di SDN 004 memberikan motivasi tentang pentingnya belajar dan membaca sebelum memulai pelajaran.

“Membaca itu artinya mengetahui segala macam ilmu. Anak-anak di sini diberikan motivasi untuk giat membaca dan belajar,” jelasnya.

Syafransyah menekankan bahwa siswa di sekolah ini dituntut untuk sering berkunjung ke perpustakaan yang telah dipenuhi kebutuhannya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar.

“Perpustakaan sudah kami maksimalkan dengan bantuan dari Disdikbud Kukar,” tutupnya. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan