29.8 C
Bontang
Rabu, Januari 26, 2022
spot_img

Sabet Proper Emas 11 Kali Berturut-turut, Badak LNG jadi Rujukan Pengelolaan Lingkungan dan Pengembangan Masyarakat Berkelanjutan

KAREBAKALTIM.com – Badak LNG kembali menorehkan prestasi gemilang dengan diraihnya Proper emas yang ke-11 dalam ajang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Raihan Proper emas merupakan penghargaan tertinggi di bidang pengelolaan lingkungan hidup, artinya perusahaan telah melakukan pengelolaan terhadap lingkungan melebihi dari yang disyaratkan (Beyond Compliance).

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang diterima langsung oleh President Director & CEO Badak LNG Gema Iriandus Pahalawan di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (28/12/2021).

Keberhasilan Badak LNG dalam meraih Proper emas ke-11 secara berturut-turut itu membuktikan konsistensi perusahaan dalam menjaga kualitas pengelolaan lingkungan dan implementasi program community development secara berkelanjutan. Sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sampai saat ini, raihan Proper emas 11 kali secara beruntun merupakan prestasi tertinggi yang mampu dicapai perusahaan peserta penilaian Proper. Lebih dari 100 perusahaan baik dalam maupun luar negeri telah melakukan studi banding untuk mempelajari keunggulan-keunggulan yang dimiliki Badak LNG untuk diterapkan di perusahaan masing-masing.

Mengusung program Salin Swara (Sampah Keliling Swadaya Masyarakat) sebagai inovasi sosial dalam penilaian Proper tahun ini, Badak LNG mengajak masyarakat untuk mulai memilah sampah dari rumah. Sampah-sampah rumah tangga dipilah berdasarkan masing-masing kategori sampah. Sampah-sampah ini kemudian dikumpulkan secara kolektif ke bank sampah yang terdapat di beberapa kelurahan. Manfaat yang didapat masyarakat melalui program ini, yaitu adanya investasi saldo tabungan, tabungan emas, dan premi BPJS Ketenagakerjaan. 

Melalui program Creating Shared Value perusahaan melatih masyarakat agar dapat memanfaatkan barang-barang yang kurang bernilai yang akan terbuang ke TPA menjadi produk-produk yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan taraf penghidupan seperti cool box untuk penyimpanan ikan agar lebih awet, pembuatan biodiesel dan lilin dari minyak jelantah, dan pembuatan ingot dari buangan aluminium

“Penghargaan yang diterima ini merupakan perjuangan seluruh pekerja Badak LNG. Kita tidak hanya fokus untuk meraih penghargaan saja tapi juga berupaya untuk menyelamatkan lingkungan dan bumi kita untuk anak cucu kita. Terima kasih atas upaya dan komitmen seluruh pekerja, mitra kerja, dan para stakeholder yang telah mendukung dan berkontribusi dalam setiap usaha perusahaan melestarikan lingkungan,” tutur Gema.

Selain Proper emas, tahun ini Badak LNG juga telah meraih berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional, yakni TOP CSR Awards, PROPER Emas Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, PR Indonesia Award, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Human Capital Resilience Award, Asia Responsibility Enterprise Award (AREA), Penghargaan Subroto dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Digital Culture Excellence Award, serta Penghargaan Keselamatan Migas Patra Nirbaya Utama Adinugraha VI dan Patra Karya Raksa Tama. (*)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,139PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles