29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Representasikan Kemajemukan, Kampung Masdarling Diresmikan sebagai Kampung Pancasila

KAREBAKALTIM.com – Kampung Masdarling di Kelurahan Gunung Telihan, Bontang Barat, diresmikan sebagai Kampung Pancasila. Peresmian diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah dan Dandim 0908 Bontang Letkol Arh Choirul Huda, Kamis, 31 Maret 2022.

Dandim Bontang menjelaskan Kampung Masdarling ditetapkan sebagai Kampung Pancasila usai dinilai mempresentasikan kemajemukan di tengah kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Salahsatu contoh yakn saat perayaan natal dan tahun baru bagi umat kristiani setempat. Uniknya umat muslim di kampung ini juga turut membantu membuat makanan bagi warga yang merayakan.

“Maka dari itu sangat patut untuk diapresiasi sekali toleransi yang ada di Kampung Masdarling ini, ujarnya.

Dengan gambaran bermasyarakat itu, Kodim Bontang menilai Kampung Masdarling membawa nilai toleransi yang sangat besar.

Ke depan guna memupuk serta membangun lagi semangat Pancasila, pihaknya akan membuat program berupa gotong royong dan kegiatan toleransi beragama.

Lebih jauh ia berharap, akan ada lagi Kampung Pancasila lainnya di wilayah Kota Bontang. Paling tidak, kata dia, di setiap kelurahan minimal harus ada satu Kampung Pancasila.

“Intinya bagiamana kita dapat menggerakan masyarakat untuk bekerja sama membangun kampungnya. Serta bagaimana dapat memupuk rasa toleransi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama
Editor : Qadlie Fachruddin

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles