27.1 C
Bontang
Rabu, Desember 1, 2021
spot_img

Pantau Ketersediaan Pangan, DKP3 Bontang Susun Neraca Bahan Makanan Secara Berkala

KAREBAKALTIM.com – Pantau ketersediaan pangan daerah, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang susun Neraca Bahan Makanan (NBM) secara rutin.

Kasi Ketersediaan dan Distribusi Pangan DKP3 Bontang Muntimah mengatakan pemantauan NBM itu dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Dalam rangka melihat tingkat ketersediaan bahan pangan Kota Bontang, yang nantinya akan dijadikan salah satu dasar pengambil kebijakan pemerintah.

“Setiap tahun kita selalu susun, nanti di Desember baru bisa kita buat secara keseluruhan untuk tahun 2021,” ujarnya.

Melalui analisis NBM itu kata dia, maka dapat dianalisis apakah suatu pangan yang tersedia sudah mencukupi sesuai dengan standar kuantitas dan kualitas.

Dalam pengambilan data, pihaknya melakukan pemantauan ketersediaan 9 bahan pokok yang ada di tiga pasar Kota Bontang. Selain itu, pendataan juga dilakukan di pasar modern hingga grosir yang ada di Kota Taman.

“Kita juga bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik,” ujarnya.

Selain mendata ketersediaan pangan, NBM itu juga mencakup penggunaan pangan penduduk, serta nilai gizi yang dikonsumsi masyarakat. Apakah sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Namun menurutnya ketersediaan pangan di Kota Bontang saat ini sudah cukup baik dengan beragam bergizi seimbang dan aman untuk dikonsumsi.

“Alhamdulillah di Bontang masih aman dan terkendali,” ucapnya.

Lebih jauh ia berharap ketersediaan pangan di Kota Bontang dapat lebih meningkat lagi tiap tahunnya. Terlebih di tahun ini pihaknya berencana melakukan pengadaan beras melalui Cadangan Pangan Pemerintah atau CPP.

“Semoga dengan itu dapat membantu mengingkatkan ketahanan pangan kita. Jadi sewaktu-waktu kita butuh, kita sudah memiliki persediaan,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,038PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles