29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Melalui Sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2019, Harun Al Rasyid Sampaikan Pentingnya Bayar Pajak

KAREBAKALTIM.com – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Fraksi PKS dapil Bontang-Kutim-Berau Harun Al Rasyid sampaikan pentingnya membayar pajak guna mendukung pembangunan daerah. Sebab pajak merupakan salah satu sumber terbesar penghasilan asli daerah atau PAD.

Hal tersebut disampaikan pada Sosialisasi dan Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pajak Daerah yang digelar di Hotel Tiara Surya Jalan MT Haryono, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Minggu (23/5/2021) siang.

“Sumbangsih pajak sangat memberikan kontribusi yang besar terhadap penerimaan PAD. Terutama pajak dari kendaraan bermotor,” ungkapnya saat ditemui usai kegiatan, Minggu (23/5/2021).

Akan tetapi kata Harun, capaian pajak kendaraan saat ini belum lah maksimal. Kesadaran masyarakat yang dinilai masih rendah menjadi salah satu penyebabnya. Contohnya seperti kendaraan dengan nomor plat daerah lain yang berseliweran di Kalimantan Timur. Sehingga pajak dari kendaraan tersebut tidak masuk ke dalam pendapatan daerah, melainkan masuk ke daerah asal kendaraan seauai dengan nomor platnya.

“Selain itu juga kendaraan yang sudah tidak terpakai namun masih terdata dalam daftar wajib pajak, karena pemilik tidak melaporkan kepada petugas. Sehingga mempengaruhi target dari dari pajak tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih sadar bayar pajak. Sebab dari pajak itu akan kembali ke masyarakat, melalui pembangunan sarana dan prasarana umum.

Ia mengimbau masyarakat tidak perlu takut pajak yang dibayarkan akan diselewengkan, lantaran tidak ada lagi celah untuk hal tersebut.

“Semuanya sudah diawasi dengan baik, termasuk dari DPRD. Sekarang juga sudah zamannya transparansi, sehingga masyarakat juga dapat ikut mengawasi,” pungkasnya. (*)


Reporter : Tomy Gutama
Editor : Risman

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles