29.7 C
Bontang
Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Isran Noor Sebut PPU Berpotensi Jadi Tempat Wisata Ternak Rusa

KAREBAKALTIM.com – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mendorong pengembangan wisata ternak rusa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Isran saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Kota Bontang, di Ballroom Hotel Grand Mutiara, Minggu (17/10/2021).

Ia menjelaskan, setelah melakukan kunjungan bersama rombongan kunker pemprov ke UPTD Pembibitan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak Desa Api-api, Kecamatan Waru, didapati ratusan rusa yang dirasa mempunyai potensi untuk dijadikan tempat wisata.

“Bagus dan itu bisa untuk kegiatan wisata,” ujarnya.

Lanjutnya, mendengarkan penjelasan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak-Keswan) Kaltim, Munawar, terkait potensi, kegiatan usaha dan budidaya rusa, ternyata Pihaknya juga mendapati kegiatan usaha berupa produksi kapsul Velvet .

“Rusa Sambar di sana ada 190 ekor, dan ini merupakan plasma nutfah Kaltim. Jadi bukan hanya budidaya, tapi upaya melestarikan spesies hewan asli kita,” tambahnya.

Untuk selanjutnya, Pemprov Kaltim akan coba bersurat ke pusat, dalam hal Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait pemeliharaan satwa oleh instansi yang bukan berbadan hukum.

“Kalau perlu, kita buat Pergub atau Perdanya,” pungkas Isran. (*)

Penulis : Mirah Hayati

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,600PelangganBerlangganan