29.1 C
Bontang
Minggu, Februari 5, 2023
spot_img

Dua Pekan Jelang Hari Raya Kurban, DKP3 Bontang Periksa 2553 Hewan Ternak

KAREBAKALTIM.com – Dua pekan jelang hari raya kurban, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang telah periksa sebanyak 2553 hewan ternak.

Kepala Bidang Peternakan DKP3 Bontang Edy Foreswanto mengatakan pihaknya mulai keliling melakukan pemeriksaan sejak Selasa, (6/7/2021) kemarin di sekitar Jalan Pupuk Raya. Dan dilanjutkan hari ini di wilayah utara dan selatan Kota Bontang.

“Hari pertama sebanyak 464 ekor, dan hari ini sebanyak 2089 ekor. Terdiri dari sapi, kambing, dan domba,” ujarnya usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan, Rabu (7/7/2021).

Pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan fisik untuk memastikan kesehatan hewan. Setelah dinyatakan sehat, selanjutnya akan diberikan setempel sehat di badan hewan.

“Jika terdapat hewan yang secara umur, maupun fisik tampak tidak memenuhi syarat maka tidak akan diberi tanda sehat. Sebelumnya juga kami sudah mengambil beberapa sampel kotoran untuk diperiksa di laboratorium,” ujarnya.

Lebih jauh, Edy mengatakan pihaknya masih akan melakukan pemeriksaan hewan sampai dengan hari pelaksanaan kurban. Sebab, menjelang Iduladha biasanya masih ada hewan yang masuk ke Kota Bontang.

“Itu belum semuanya karena nanti pasti ada lagi yang masuk menjelang Iduladha,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
3,698PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles