28.2 C
Bontang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Ditlantas Polda Kaltim Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

KAREBAKALTIM.com – Ditlantas Polda Kaltim gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Petugas Pelayanan Regident, Selasa, 25/7/2023 di Aula Ditlantas Polda Kaltim.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Sonny Irawan, S.I.K, M.H, dan AKBP Wahyu Endrajaya, S.I.K., M.Si sebagai Kasubdit Regident, bertujuan meningkatkan kemampuan pelayanan kepada penyandang Disabilitas Tuna Rungu/Tuli.

“Dari kegiatan ini akan melatih kemampuan bahasa isyarat bagi personel jajaran Ditlantas Polda Kaltim agar mereka dapat memberikan pelayanan terbaik kepada teman-teman Tuli yang memerlukan bantuan di bidang lalu lintas, seperti pembuatan SIM, pengurusan STNK, BPKB, Tilang, dan lain sebagainya,” ujar Kombes Pol Sonny Irawan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat berdampak positif terhadap peserta pelatihan, hingga mampu memahami Bahasa isyarat dasar pelayanan dan mampu mempraktekkan saat melakukan pelayanan lalu lintas di wilayahnya.

“Sehingga dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan lalu lintas yang lebih baik dan profesional kepada penyandang disabilitas tuna rungu/tuli,” Harapnya.

Kegiatan ini juga berhasil menjalin komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik antara Ditlantas Polda Kaltim dengan Gerkatin dan SEMUT.

Sebagai tindak lanjut, pendataan penyandang Tuna Rungu/Tuli di wilayah Kaltim yang memenuhi persyaratan untuk pembuatan SIM akan dilakukan, dan dijadwalkan pelatihan Ujian SIM teori dan praktek, serta pelaksanaan pembuatan SIM Kolektif disabilitas Tuna Rungu/Tuli di Kaltim.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir para Perwira Ditlantas Polda Kaltim, Kanit Regident Jajaran Ditlantas Polda Kaltim, 50 Bintara Pelayanan Regident Jajaran Ditlantas Polda Kaltim dan Ketua Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Balikpapan, serta Juru Bahasa Isyarat dari Komunitas SEMUT (Semangat Muda Tuli Balikpapan). ***

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan