25.3 C
Bontang
Senin, November 29, 2021
spot_img

Data Anak Kehilangan Orangtua karena Covid-19 Meningkat Pesat

KAREBAKALTIM.com – Angka kasus meninggal karena Covid-19 di Bontang kian mencuat, per 9 September kemarin, jumlahnya sudah capai 331 orang.

Akibatnya, 142 anak di Bontang harus kehilangan kasih sayang orang tua.

Dari informasi yang diterima, kementrian sosial akan menyalurkan bantuan kepada anak-anak yatim, piatu maupun yatim piatu di seluruh Indonesia, tak terkecuali Bontang, yang ditinggal meninggal orang tuanya akibat Covid-19.

Masing-masing akan memperoleh bantuan senilai Rp 2 juta. Dikonfirmasi ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Bontang, saat ini pihaknya sudah melakukan pendataan dan semua nama-namanya sudah diajukan ke provinsi.

“Data per 8 september ada 142 orang yang kami ajukan ke provinsi,” sebut Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos-PM, Muhammad Aspianur, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (10/9/2021).

Namun, Aspi belum bisa memastikan kapan penyaluran dilakukan dan teknis pembagian di lapangan, sebab yang memegang kendali terkait sistem penyaluran bantuan itu adalah provinsi.

Kata dia, tugas ditingkat kabupaten/kota hanya mengajukan saja jumlah anak yang berhak mendapat bantuan dari APBN itu. Terkait syaratnya pengambilannya, pihaknya juga belum mengetahui pasti. Bisa jadi, lanjutnya, harus ada keterangan surat kematian dari rumah sakit.

“Anggarannya kan di provinsi mba, kami belum tau juga mekanismenya gimana, juknisnya juga belum ada kami terima secara tertulis,” terangnya. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,044FansSuka
3,036PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles