24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Dasawisma Sikaboro’ Binaan Bidang Ketahanan Pangan Panen, Debora : Manfaatkan Pekarangan

KAREBAKALTIM.com – Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang menghadiri panen pertama kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kelompok Dasawisma Sikaboro’, di Jalan Belibis, RT 08, Kelurahan Kanaan, Rabu (30/6/2021).

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan DKP3 Bontang, Debora Kristiani, menuturkan kelompok tersebut memanen kangkung sebanyak 30 kilogram yang di demplot serta bayam 5 kilogram.

Lanjutnya, Dasawisma Sikaboro’ merupakan salah satu binaan pihaknya yang mendapat anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik dari pusat.

“Kemarin panen, jadi kita dampingi. Sumber dananya dari DAK Non Fisik,” ujarnya saat dihubungi Selasa (2/7/2021).

Kata dia, dana yang didapatkan sebesar Rp55 juta. Akan tetapi, pencairannya bertahap dengan besaran Rp27,5 juta sebanyak dua kali proses. Uangnya pun masuk dalam rekening kelompok.

“Terus membelanjakan sesuai kebutuhan yang mau ditanam. Kita hanya mendampingi mereka belanja,” sebutnya.

Kemudian setiap belanjaan wajib memiliki nota. Lantaran tanda jual beli itu nantinya dilaporkan ke pusat melalui online, misalnya anggaran tahap pertama Rp27,5 untuk kebun bibit, rumah bibit, pertamanan di rumah-rumah anggota kelompok.

Sementara tahap kedua, digunakan jika pasca panen. Seperti memasang sticker, mem-packing atau mengemas hasil panen dengan baik, dan sebagainya bila akan dijual.

“Jadi itu nanti tersambung langsung dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan tembus ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) sebagai koordinator,” ucapnya.

Ia menegaskan, adanya program P2L sangat berguna untuk ibu-ibu dengan memanfaatkan pekarangan rumah di tengah pandemi. Pasalnya tetap bisa mengonsumsi sayuran segar dan ekonomi tetap berjalan jika hasilnya banyak.

“Bisa dikonsumsi, bisa dijual. Kalau ada penjualan uangnya kembali ke kas kelompok untuk diputar kembali, karena DAK hanya sekali per kelompok,” katanya.

Kendati begitu pihaknya akan tetap membina kelompok-kelompok tersebut dan diarahkan menanam tanaman ramah lingkungan.

Debora berharap, ibu-ibu di Bontang khususnya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dasawisma memanfaatkan pekarangannya. Karena hal ini juga selaras dengan kegiatan PKK serta menyediakan pangan keluarga cukup di pekarangan saja dengan pangan sehat bebas dari bahan kimia.

Untuk diketahui, demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan. (*)

Reporter : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles