26.4 C
Bontang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Bingung Cara Memilih Hewan Kurban, Berikut Tips Dari DKP3 Bontang

KAREBAKALTIM.com – Tak lama lagi umat muslim akan melaksanakan hari raya Iduladha yang jatuh pada, Selasa (20/7/2021) mendatang. Dalam perayaan tersebut selalu identik dengan pemotongan hewan kurban.

Menjelang hari raya kurban, pasokan hewan ternak baik sapi, kambing, ataupun domba pun mulai berdatangan dari luar pulau. Lantas, bagaimana cara memilih hewan kurban yang sehat dan sesuai syariat tentunya.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Ketahan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Bontang Riyono mengatakan sebelum memilih hewan kurban hendaknya memastikan bahwa hewan tersebut layak untuk dikurbankan. Baik dari segi umur, tampilan fisik, hingga kesehatannya.

“Pastikan juga hewan yang dibeli harus hewan sehat dan dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan dari daerah asal,” ujarnya, Rabu (7/7/2021).

Selanjutnya kata Riyono, pilih hewan yang sehat. Ternak sehat dapat dilihat dari nafsu makan yang baik dan terlihat aktif serta lincah.

“Dari porsi badan juga dapat dilihat apakah kurus atau gemuk. Sapi yang sakit biasanya badannya agak kurus karna tidak nafsu makan,” ungkapnya.

Selain itu, dapat dilihat dari kotorannya, apakah normal atau terdapat diare. Jika hewan tersebut diare akan terlihat pada bagian ekor dan sekitar anus kotor. Selanjutnya juga dapat dilihat bulu hewan, pilihlah yang tidak kusam.?

“Untuk penyakit zoonosis alhamdulillah di Bontang sampai saat ini belum ada. Pemeriksaan hewan dari daerah asal juga sangat ketat, jadi kemungkinan penyakit menular kecil,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan