29.8 C
Bontang
Rabu, Januari 26, 2022
spot_img

Bantuan Tunai dan Non Tunai Hingga Akhir Desember

KAREBAKALTIM.com – Pemerintah Pusat sudah menyalurkan beberapa bantuan mulai dari, Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp300 ribu perbulan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200 ribu dalam bentuk sembako dan lain-lain.

Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian dalam meringankan beban warga ditengah pandemi Wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sampai saat ini belum berakhir.

Kepala Seksi (Kasi) Fakir Miskin Dinas Sosial dan Pemberdayaan Manusia (Dinsos-PM) Kota Bontang, Hasan Said menjelaskan, sekitar 2094 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah tercatat.

“Pencairan BST Rp300 ribu melalui kantor pos Bontang dan masyarakat sudah bisa menikmati bantuan tersebut,” ungkapnya saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Kata dia, saat ini, data penerima bantuan Rp300 ribu merupakan data yang sudah dimasukkan Dinsos-PM sebelumnya.

“Data ini masih bisa berubah dan bersifat dinamis, dan harus melalui kelurahan masing-masing kemudian diajukan ke Dinsos-PM untuk mendapatkan bantuan ini,” kata Hasan.

Setidaknya sekitar 4059 KPM sudah mendapatkan bantuan senilai Rp200 ribu itu. Rencananya bantuan tersebut berlaku sampai bulan Desember 2021 mendatang.

“Selain BST senilai Rp300 ribu, BPNT juga sudah dalam proses pencairan,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi terkait ibu hamil dan bayi yang akan mendapatkan bantuan senilai 6 juta, pihaknya menerangkan informasi tersebut belum sampai ke daerah.

“Soalnya masih proses perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” pungkasnya.

Perlu diketahui, tiga bansos seperti PKH, Program Sembako, dan Program Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah diberikan oleh Presiden Joko Widodo, 4 Januari 2021 yang mana anggarannya dikelola oleh Kementerian Sosial (Kemensos). (*)

 

 

Reporter : Mirah Hayati
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,139PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles