24.3 C
Bontang
Sabtu, Januari 22, 2022
spot_img

Anggaran Sebesar Rp50 Miliar Diusulkan untuk Pendalaman Waduk Kanaan pada 2022 Mendatang

KAREBAKALTIM.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Agus Haris dalam kunjungan lapangan tersebut menegaskan penambahan volume daya tampung Waduk Kanaan dengan melakukan pendalaman harusnya menjadi prioritas dalam penanganan banjir.

“Pemkot harus serius, alokasi anggaran penanganan Waduk Kanaan ini,” tegasnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kasi Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Sumber Daya Air PUPR Kota Bontang, Bambang Permadi mengaku, sesuai Survei Investigasi dan Desain (SID) penanggulangan banjir Bontang tahun 2006 silam Waduk Kanaan menjadi solusi utama.

Kata dia, Waduk Kanaan berfungsi menahan air kiriman yang berasal dari hulu sungai menuju tengah kota. Sedangkan di hulu sana, penahan banjir dengan membangun bendungan di Desa Suka Rahmat, Kabupaten Kutai Timur.

Terkait pengerukan waduk, Bambang Permadi menyatakan teranyar telah dilakuakn pada tahun 2020. Program itu dilakukan langsung oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 4.

Saat itu, dilakukan pengerukan dengan volume 10 ribu sampai 15 ribu meter persegi. Per tahun ada kegiatan dari BWS. Kucuran anggarannya senilai Rp 4,2 miliar dan yang baru dikeruk senilai 3 hektar.

“Memang baru bisa dilakukan pengerukan dengan luasan 3 hektar. Bahkan saat ini daya tampung sudah mencapai hasil kedalaman 115.743 meter kubik,” ucapnya.

Selanjutnya, pada 2022 mendatang akan kembali mengusulkan Rp50 miliar untuk pengerukan kedalaman waduk dan penguatan dinding disekitar wilayah genangan.

“Itu usulan untuk 2022 mendatang semoga bisa terealisasi,” pungkasnya. (*)

Penulis : Mirah Hayati

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,129PengikutMengikuti
19,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles