29.2 C
Bontang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Wujudkan Pendidikan Layak Bagi Anak, Pupuk Kaltim Kembali Buka Beasiswa PKTPP 2024

KAREBAKALTIM.COM – Tingkatkan komitmen dalam memfasilitasi pendidikan layak bagi anak guna mencetak SDM terampil dan berdaya saing, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar program beasiswa Pupuk Kaltim Peduli Pendidikan (PKTPP) 2024

Tahun ini program PKTPP membuka pendaftaran mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Perguruan Tinggi, diawali sosialisasi bagi seluruh tingkatan sekolah di Kota Bontang, Selasa (30/1/2024).

Ketua Tim PKTPP 2024 Uchin Mahazaki, menyampaikan program yang telah berjalan sejak 2008 ini sebagai wujud kontribusi Pupuk Kaltim dalam mendukung kemajuan pendidikan bagi anak di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, melalui fasilitas pendidikan yang layak mulai tingkat dasar.

Hal ini sengaja disasar untuk memastikan kesinambungan pendidikan dalam mencetak generasi yang andal dan siap menghadapi tantangan, mengingat pendidikan berkelanjutan merupakan salah satu faktor utama dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Maka dari itu Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus meningkatkan pelaksanaan PKTPP, agar semakin banyak anak berprestasi dari keluarga kurang mampu yang terfasilitasi dan mendapatkan manfaat dari program ini,” ujar Uchin.

Dijelaskan Uchin, untuk calon peserta PKTPP tingkat SD hingga SMA/SMK Sederajat khusus diperuntukkan bagi warga Bontang. Sedangkan tingkat Perguruan Tinggi terbuka untuk umum, dengan persyaratan utama Universitas dan program studi terakreditasi A, khusus jurusan pertanian minimal terakreditasi B.

Proses pendaftaran dilakukan melalui website resmi PKTPP yang bisa diakses melalui https://pktpp.pupukkaltim.com, lengkap dengan persyaratan yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk transparansi Pupuk Kaltim terhadap pelaksanaan program secara terbuka, sehingga para peserta didik bisa mendaftar sesuai persyaratan.

“Untuk seleksi juga dilakukan secara transparan, dimana tim PKTPP akan melakukan verifikasi langsung bagi peserta sebelum dinyatakan lolos sesuai tahapan. Hal ini untuk memastikan program tepat sasaran dan penerima benar-benar masyarakat yang berhak,” lanjut Uchin.

VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi, mengungkapkan beasiswa PKTPP merupakan salah satu wujud bakti Pupuk Kaltim dalam mendorong pendidikan berkualitas di Kota Bontang, sehingga anak dari keluarga kurang mampu secara finansial dapat tetap melanjutkan serta menyelesaikan pendidikan hingga perguruan tinggi guna mendorong peningkatan kesejahteraan ke arah yang lebih baik. Program ini sejalan dengan upaya Pupuk Kaltim dalam mendorong terwujudnya tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), agar generasi berprestasi bisa terfasilitasi untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

Hingga saat ini tercatat ada 240 orang penerima beasiswa PKTPP untuk tingkat Perguruan Tinggi, dan 135 diantaranya sudah dinyatakan lulus dengan nilai terbaik. Sementara untuk tingkat SD hingga SMA/SMK sederajat, program ini juga telah memfasilitasi sebanyak 178 peserta dan 72 diantaranya telah lulus serta melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Para lulusan beasiswa PKTPP pun telah bekerja dan tersebar di berbagai bidang. Baik di Pupuk Kaltim, sektor swasta hingga pemerintahan sesuai dengan pilihan masing-masing. Melihat manfaat ini, program beasiswa PKTPP terus ditingkatkan dari tahun ke tahun untuk mendorong pendidikan berkualitas secara merata,” ungkap Sugeng.

Pada kesempatan itu, website PKTPP turut dilaunching secara resmi dan telah bisa diakses penuh oleh calon peserta yang berminat. Laman tersebut memuat beragam informasi proses seleksi mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi, serta benefit yang didapatkan bagi para peserta yang dinyatakan lolos sebagai penerima selama masa pendidikan ditempuh. Mulai dari biaya pendidikan dan perlengkapan sekolah untuk jenjang SD hingga SMA/SMK, maupun uang kuliah tunggal (UKT) serta biaya lainnya yang ditanggung bagi penerima jenjang perguruan tinggi.

“Pupuk Kaltim menjamin dan memastikan program PKTPP dilaksanakan secara transparan, sebagai komitmen dalam menciptakan sumberdaya manusia andal, terampil dan berdaya saing, sehingga kedepan tidak ada lagi anak di Bontang yang kesulitan mendapatkan akses pendidikan,” tambah Sugeng.

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Amir HL, mengapresiasi kesinambungan program PKTPP sebagai wujud komitmen Pupuk Kaltim dalam mendukung terciptanya SDM andal dan berkualitas, melalui penyediaan akses pendidikan yang layak bagi anak.

Menurut Amir, program ini sejalan dengan langkah Pemerintah dalam mendorong terciptanya masyarakat terampil dan berdaya saing, sekaligus pengembangan potensi generasi penerus melalui pendidikan yang lebih baik agar kedepan mampu berkompetisi di berbagai bidang. Dimana PKTPP telah menjadi instrumen dalam menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan berkompeten di Kota Bontang, dimana anak mendapatkan akses pendidikan yang layak dengan kesinambungan proses di dalamnya,” tutur Eka Dedy.

“Melihat kesinambungan peran yang direalisasikan, Pupuk Kaltim telah menjadi mitra strategis Pemerintah dalam mewujudkan visi bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Bontang. Dimana PKTPP sangat bermanfaat dalam mendukung generasi meraih prestasi melalui akses pendidikan yang lebih baik,” kata Amir.

Dirinya berharap program PKTPP dapat terus diperluas, sehingga membuka kesempatan yang jauh lebih besar bagi anak dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Mengingat pendidikan selalu bergerak dinamis, maka kapasitas sumberdaya manusia yang mumpuni pun dituntut mampu menjawab berbagai tantangan yang ada, sehingga dapat memberikan kontribusi optimal terhadap pembangunan daerah, bangsa dan negara.

“Kami harap program ini terus dikembangkan Pupuk Kaltim, dengan jumlah penerima yang juga meningkat setiap tahun. Sebab PKTPPP telah menunjukkan manfaat signifiknan terhadap pembangunan sumberdaya manusia yang andal dan berdaya saing di Kota Bontang,” pungkas Amir.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan