28.2 C
Bontang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Wujudkan Destinasi Wisata Berdaya Saing, Agus Haris Minta Siapkan Pemandu Wisata di Beras Basah

KAREBAKALTIM.com – Tour guide atau pemandu wisata mempunyai peranan penting dalam pengembangan pembangunan pariwisata. Baik untuk keberlanjutan suatu destinasi, pengenalan lingkungan, ekonomi, budaya, dan aspek spiritual.

Oleh karena itu, Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Agus Haris mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) melalui dinas terkait menyediakan jasa pemandu wisata (pramuwisata) di salah satu ikon Kota Taman, yakni Pulau Beras Basah.

Menurutnya hal tersebut untuk mendongkrak pertumbuhan dan perkembangan pariwisata di daerah yang dikelilingi lautan ini. Selain itu, untuk mewujudkan destinasi wisata yang berdaya saing.

“Jadi pemandu wisata itu sangat penting, ujung tombak pariwisata”, ujarnya beberapa waktu lalu.

Politisi yang akrab disapa AH tersebut menuturkan peranan tour guide bagi wisatawan selain memberikan informasi akurat mengenai destinasi wisata yang dituju, juga memberikan pelayanan bagi pengunjung dan memberi arahan agar perjalanan yang dilakukan berjalan lancar.

Bahkan kata AH, pemandu wisata juga bisa memberi edukasi kepada wisatawan agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga keindahan objek wisata tidak hilang, kebersihan pantai tetap terjaga.

“Pemandu bisa memberikan informasi kepada para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan. Jadi tidak terlihat kumuh”, tuturnya.

AH menilai adanya pemandu wisata dapat memberikan informasi kepada pengunjung khususnya dari luar daerah, baik tentang informasi umum ataupun mencakup informasi khusus mengenai wilayah yang dikunjungi.

“Jadi dengan berwisata, wisatawan bukan hanya sekedar jalan-jalan. Tapi ada pengetahuan yang didapatkan seperti sejarah Beras Basah, kearifan lokalnya bagaimana, dan lainnya”, ungkapnya.

Kendati demikian, Agus Haris berharap ada dukungan dari Pemkot Bontang. Selain mengkoordinir juga memberikan gaji langsung terhadap para pemandi wisata. (Adv)

Penulis: Mira

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan