29.1 C
Bontang
Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img

Disdikbud Kukar Target Penambahan Jumlah Guru Penggerak SD

Kutai Kartanegara, KAREBAKALTIM.COM –  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berkomitmen meningkatkan jumlah guru penggerak di Kukar. Upaya itu kembali di ambil mengingat kapasitas jumlah guru penggerak dikukar masih minim.

Digelarnya fasilitasi pendampingan pendidikan program guru penggerak tingkat SD, yang dilaksanakan selama empat hari, 9-12 Oktober 2023 di Ballroom Hotel Grand Fatma Tenggarong.

“Dasar pelaksanaan kegiatan sudah sangat jelas, UU tentang Pendidikan Nasional dan UU tentang guru serta regulasi pendukung lainnya,” kata Sub Koordinator Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan SD, Bahruddin, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang di hadir 167 guru dari 20 kecamatan itu dihadirkan narasumber dari Balai Guru Penggerak (BGP) Kaltim.

Mewakili Kadisdikbud Kukar, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan, Joko Sampurno menekankan menjadi guru penggerak, harus didasari kesadaran diri ingin meningkatkan kualitas dan kapasitas diri sebagai guru.

“Jangan hanya berharap bisa diangkat jadi Kepsek, tapi menjadi pemimpin pembejaran di sekolah. Kepsek hanya salah satu dampak saja,” sebut Joko.

Joko menyinggung, jumlah guru penggerak di Kukar masih minim, dari total guru SD se Kukar yang mencapai 5000 orang, baru sekitar hampir 150 orang guru penggerak. Minimnya jumlah guru penggerak tersebut dikarenakan pelatihan guru penggerak cukup lama, sekitar 6 bulan dari semula sekitar 9 bulan.

Joko memastikan, Pemkab Kukar memberikan apresiasi kepada guru penggerak, dengan dibuktikan, pembagian laptop. Jika ada guru penggerak yang belum dapat, maka hal itu sedang proses pengusulan untuk diberi laptop.

“Bahkan, Pemkab berencana memberikan insentif khusus bagi guru penggerak,” sebutnya.

Dirinya meminta kepada peserta yang hadir, untuk konsentrasi mengikuti acara sampai selesai, selain materinya sangat bermanfaat, bagi peserta yang dari kecamatan. Semua peserta difasilitasi secara penuh oleh Disdikbud.

“Nantinya, jangan lupa, untuk daftar mengikuti pelatihan guru penggerak angkatan 11, yang saat ini sudah dibuka pendaftarannya,” pungkasnya.(ADV/DISDIKBUDKUKAR)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
22,100PelangganBerlangganan