TPP ASN Bontang Tak Kunjung Cair, Tertahan di Pusat

ILUSTRASI. TPP ASN untuk pegawai di Pemkot Bontang belum disalurkan pemerintah pusat. (Int)

KAREBAKALTIM.com – Sampai penghujung Maret, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Tahun 2022 bagi Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkup Pemkot Bontang belum juga diterima.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang Aji Erlynawati menjelaskan, TPP ASN Bontang belum disalurkan oleh pemerintah pusat. Disebutkan, terdapat evaluasi yang dilakukan pusat sebelum dana itu disalurkan.

“Hal ini berlaku bagi sama bagi seluruh daerah se-Indonesia,” ungkapnya.

Ia menjabarkan, Kota Bontang masuk sebagai penerima distribusi TPP ASN di lingkungan pemda yang termuat dalam Surat Hasil Validasi TPP ASN Tahap 7 dari Kemendagri yang terbit 23 Maret lalu.

Berdasarkan hasil validasi dari Kemendagri itu, Kota Taman memenuhi seluruh kriteria yang digunakan untuk pemberian TPP ASN di lingkungan Pemerintah Kota Bontang. Di antaranya kriteria Beban Kerja (BK), kriteria Prestasi Kerja (PK), kriteria Kondisi Kerja (KK), kriteria Kelangkaan Profesi (KP), kriteria Tempat Bertugas (TB) dan kriteria Pertimbangan Objektif (TO).

Setelah hasil validasi tersebut keluar, kata Aji, tahapan selanjutnya yakni menunggu hasil dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan Dirjen Bina Keuangan Daerah.

“Ada tahapan lagi, prosedurnya sama seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dirinya pun belum bisa membeberkan secara pasti kapan TPP tersebut akan cair. Namun Aji menyebutkan, lebih dari 3 ribu ASN akan kebagian jatah.

Adapun perihal total nilai TPP yang akan dicairkan menggunakan APBD Bontang itu, dirinya belum bisa memaparkan jumlah pastinya.

“Kalo totalnya saya tidak tahu persis. Saya lupa berapa kisarannya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Tomy Gutama
Editor: Qadlie Fachruddin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini