26.1 C
Bontang
Kamis, Juni 13, 2024
spot_img

SD Negeri 001 Sangatta Utara Gelar Pameran Panen Karya P5

KAREBAKALTIM.com, SANGATTA – Sekolah Dasar Negeri (SDN 001) Sangatta Utara menggelar Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kamis 8 Juni 2023.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 001 Sangatta Utara, Tri Agustin Kusumaningrum menuturkan bahwa pameran sekolah adalah momen yang sangat spesial bagi mereka.

Pameran tersebut menjadi kesempatan bagi para siswa-siswi untuk menunjukkan bakat mereka, hasil karya mereka, dan pencapaian yang telah mereka raih dalam berbagai bidang, mulai dari seni dan musik hingga sains dan teknologi.

Termasuk sebagai wadah bagi anak-anak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dengan sesama siswa, guru dan orang tua.

“P5 merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam upaya untuk mewujudkan pelajar Pancasila,” ucap perempuan berhijab itu.

Sehingga mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Penerapannya tidak terintegrasi dalam pembelajaran setiap mata pelajaran,” ucap dia.

Namun mempunyai porsi khusus dalam setiap alokasi jam mata pelajaran yang membuat peserta didik memiliki kesempatan.

Untuk dapat mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap mereka dengan belajar dari teman mereka, guru, bahkan sampai pada tokoh masyarakat sekitar dalam menganalisis isu-isu hangat yang terjadi di lingkungan sekitar. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek.

Sehingga dapat melihat betapa pentingnya peran sekolah sebagai tempat pembelajaran dan pengembangan potensi yang holistik.

“Sekolah juga menjadi wadah untuk mengembangkan kreativitas, keterampilan, dan karakter siswa,” lanjutnya.

Dalam acara pameran sekolah ini pihaknya juga dapat melihat betapa pentingnya peran sekolah sebagai tempat pembelajaran dan pengembangan potensi.

“Melalui pameran ini,kita melihat bahwa sekolah kita adalah tempat di mana setiap siswa dapat menemukan minat dan bakatnya, serta berkembang menjadi individu yang berprestasi dan memiliki kepribadian yang baik,” tutupnya. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan