Home Kaltim Bontang Petani Bontang Mampu Panen Semangka 300 Ton dalam Setahun

Petani Bontang Mampu Panen Semangka 300 Ton dalam Setahun

DKP3 Bontang
Petani buah semangka di Bontang memamerkan hasil panen.

KAREBAKALTIM.com – Dengan keterbatasan lahan pertanian, tak menyurutkan semangat petani di Kota Bontang untuk meningkatkan produksi pertaniannya.

Belum lama ini, kelompok tani di Bontang berhasil menuai hasil panen buah semangka ratusan ton.

 Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang mengatakan dengan hasil panen buah semangka yang melimpah tersebut, pertama kalinya Bontang berhasil mengirim hasil pertanian keluar daerah.

“Itu panen sebelum bulan puasa lalu, dan hasil panennya dikirim ke Samarinda dan Sangatta,” kata Debora, Selasa (23/8/2022).

Dia menyampaikan, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa yang dilakukan oleh petani di Kota Bontang. Dengan keterbatasan lahan, namun tetap mampu memproduksi hasil pertanian yang melimpah.

“Hasil panennya mencapai 139 ton di lahan seluas 14 hektar,” ucapnya.

Hingga saat ini, ada tiga kelompok tani yang masih eksis menanam semangka. Disebutkan, hasil produksi semangka yang dapat diperoleh kelompok tersebut mampu mencapai 300 ton lebih dalam satu tahun.

“Nanti September ada lagi yang panen,” ungkap Debora.

Dengan kondisi lahan yang terbatas, Debora menganjurkan agar ke depan petani menanam komoditas yang memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi.

Semangka dan cabai menjadi jenis komoditas yang disarankan DKP3 Bontang. Kedua jenis buah itu rutin dikonsumsi masyarakat maupun untuk bahan pangan usaha makanan.

“Karena lahan sempit, ke depan tanam yang nilai ekonominya tinggi, seperti cabe sekarang kan lagi mahal,” imbuhnya. (*/Adv)

Print Friendly, PDF & Email

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here