Pertahankan Zona Hijau, Pemkab Berau Tutup Total Seluruh Tempat Wisata

KAREBAKALTIM.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Kalimantan Timur putuskan bahwa seluruh tempat wisata bakal ditutup saat menjelang hingga pasca lebaran nantinya. Terhitung mulai tanggal 7-17 Mei 2021.

Artinya, selain dilarang mudik masyarakat Berau juga tidak diperbolehkan berwisata untuk sementara waktu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Berau Masrani mengatakan seluruh tempat wisata yang ada di Berau akan ditutup total. Langkah tersebut diambil berdasarkan hasil keputusan Pemkab Berau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda.

“Tidak ada pengecualian, kesepakatan semua peserta rapat memang harus ditutup,” ujarnya, Senin (10/5/2021).

Kata Masrani, meski tempat-tempat wisata di Berau saat ini telah berstatus zona hijau, namun masih terdapat beberapa wilayah di Kota Sanggam yang masih masuk zona merah. Seperti di Tanjung Redep.

Pihaknya khawatir, jika tempat wisata tetap dibuka, akan ada wisatawan yang berasal dari zona merah tersebut turut ikut berlibur. Sehingga dapat menularkan masyarakat dan wisatawan lain yang berada di zona hijau.

“Ini yang menjadi bahan pertimbangan, kita harus bisa mempertahankan zona-zona yang telah hijau,” ungkapnya.

Adapun perihal pengawasan di lapangan nantinya kata Masrani, sepenuhnya berada di tangan Satgas di tiap kecamatan.

“Kalau nanti ada wisatawan yang tetap masuk akan diminta pulang. Meskipun telah mengantongi hasil pemeriksaan negatif Covid-19,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama
Editor : Siti Nurkhasanah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini