25 C
Bontang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_img

Pemkot Buka Pendaftaran BPJS Gratis, Masyarakat dan Karyawan yang Kena PHK Silahkan Mendaftar

KAREBAKALTIM.com – Pemkot Bontang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bontang kembali membuka pendaftaran BPJS kelas III secara gratis.

Pendaftaran tersebut telah dibuka sejak awal bulan Agustus bagi masyarakat yang belum terdaftar dan pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dikatakan Aswan, Verifikator Pelayanan Dinkes Bontang saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan. Hal tersebut terbukti dengan membludaknya pendaftaran sejak dua pekan terakhir.

Saat ini pihaknya masih belum mengetahui jumlahnya secara pasti, dikarenakan belum melakukan perekapan. Namun, dari sekian banyak yang mendaftar merupakan pekerja yang terkena PHK.

“Sudah banyak yang mendaftar terutama yang terkena PHK, jumlahnya belum tahu pasti karena belum direkap,” ungkapnya saat ditemui di kantor PSC, Jumat (27/8/2021).

Aswan menjelaskan banyak juga didapati kartu BPJS masyarakat yang telah nonaktif. Adapun sebab tidak aktifnya kartu BPJS tersebut dikarenakan berbagai alasan. Diantaranya pernah pindah kependudukan kemudian kembali lagi ke Bontang, pekerja, dan pindah ke BPJS mandiri.

“Nanti bisa di aktifkan kembali namun melalui tahap verifikasi,” jelasnya.

Lebih jauh, Ia mengungkapkan masyarakat yang hendak melakukan mutasi dari BPJS mandiri juga bisa ikut mendaftar. Namun harus masuk dalam daftar tunggu. Sebab, saat ini pihaknya masih prioritaskan masyarakat yang belum terdaftar.

“Kami mengutamakan yang tidak mempunyai kartu BPJS dulu,” pungkasnya. (*)

Reporter : Tomy Gutama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,048PengikutMengikuti
18,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles