24.5 C
Bontang
Rabu, Desember 8, 2021
spot_img

Jaga Produksi Cabai, DKP3 Bontang Berbagi Cara Mengendalikan Hama Orgainik

KAREBAKALTIM.com – Tingkatkan produksi cabai, Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan (DKP3) Bontang berbagi cara pengendalian hama dan penyakit kepada kelompok tani binaan, Jumat (23/4/2021).

Kegiatan tersebut diikuti setidaknya 30 ibu-ibu Dasa Wisma yang terhimpun dalam kelompok tani Griya Edelweis, Kelurahan Bontang Kuala.

Analis Ketahanan Pangan Muda DKP3 Bontang Evi Sulastri Tanjung mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pengetahuan bagaimana cara mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman cabai dengan cara yang aman.

“Jadi pengendalian hama itu tidak serta merta memusnahkan hama, kalau begitu tinggal dikasih racun hama saja sudah selesai. Namun lebih kecara-cara organik, bagaimana cara mengendalikan populasi hama agar tidak mengganggu hasil produksi. Dan juga menjaga keseimbangan populasi hama di alam,” terangnya usai kegiatan, Jumat (23/4/2021).

Lanjutnya, Evi menjelaskan ada banyak cara menanggulangi hama dan penyakit pada tanaman cabai selain menggunakan racun hama. Salah satunya dengan memasang perangkap hama.

“Cara mengendalikan hama itu berbeda-beda tergantung jenis hama dan tanamannya. Namun mayoritas untuk tanaman cabai, biasanya hama yang menyerang yakni kutu-kutuan. Dapat menggunakan perangkap seperti lem perangkap lalat,” jelasnya.

Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara melakukan pengawasan terhadap tanaman cabai. Agar, dapat diketahui hama dan penyakit yang menyerang tanaman.

Lebih lanjut, kedepan ia berharap dengan kegiatan tersebut petani dapat meningkatkan produksi cabainya.

“Mudah-mudahan dengan dilakukan kegiatan berbagi ilmu dengan kelompok petani ini dapat meningkatkan hasil produksinya,” pungkasnya. (*)



Reporter : Tomy Gutama
Editor : Siti Nurkhasanah

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,846FansSuka
3,051PengikutMengikuti
18,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles