28.2 C
Bontang
Jumat, Mei 31, 2024
spot_img

Hetifah Gaungkan Inisiatif Sekolah Sehat di Kaltim untuk Memenuhi Target SDGs

KAREBAKALTIM.com – Indonesia bertekad memenuhi target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) salah satunya yaitu SDGs 4 (pendidikan). Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu salah satu indikator yang perlu diperhatikan adalah sanitasi. Hal ini disampaikan Hetifah Sjaifudian (wakil ketua komisi X DPR RI) dalam Penguatan Kapasitas bagi kepala sekolah dan guru-guru, bertajuk “Sekolah sehat mewujudkan anak sehat, cerdas, dan berkarakter” di Hotel Equator Bontang.

Kegiatan yang dihadiri oleh tak kurang dari 170 orang kepala sekolah dan guru dari berbagai jenjang pendidikan ini, diinisiasi oleh Hetifah Sjaifudian bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Hadir sebagai pembicara kunci Hetifah Sjaifudian (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Muhammad Hasbi (Direktur SD), Jumeri, (Widyaprada Ahli Utama di Direkyorat SD), Bambang Cipto Mulyono, (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bontang), Denok Asmiati (Kepala Sekolah SD Negeri 007 Sungai Pinang), Asman Azis (Dosen UIN Samarinda).

Denok Asmiati selaku Kepala Sekolah dan praktisi langsung menyampaikan praktik baik yang dilakukan di sekolahnya. Selain menciptakan linkungan sekolah yang sehat dengan adanya kantin sehat, penciptaan lingkungan yang sehat termasuk kawasan bebas rokok menjadi penting agar anak didik dapat belajar dengan maksimal.

Hal ini didukung dengan penyampaian oleh Bambang Cipto Mulyono, bahwa di Bontang tantangan pendidikan adalah upaya merubah perilaku pemangku kepentingan yang ada di sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Penciptaan sekolah yang sehat ini setidaknya diperlukan dukungan dari Kemendikbudristek selaku kementrian yang menaungi. Setidaknya itulah yang dilakukan oleh Muhammad Hasbi atas inisiasi Hetifah Sjaifudian setelah menyerap aspirasi kondisi di lapangan.

Hetifah menegaskan bahwa ia telah mencanangkan program aspirasi toilet sehat di sekolah-sekolah di Kalimatan Timur sebagai bentuk kepeduliannya terhadap sanitasi sekolah sebagai pondasi utama membentuk anak yang cerdas dan berkarakter. (*)

Penulis: Mira Hayati

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan