30.2 C
Bontang
Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Faisal Usul Pemkot Gunakan Anggaran Darurat Bangun Turap di Bantaran Sungai Betlehem

KAREBAKALTIM.com – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Faisal mengusulkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mengucurkan anggaran darurat yang untuk menyegerakan memperbaiki turap sungai di Betlehem Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara.

Menurutnya, apabila pemerintah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota (PUPRK) Bontang menunggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan mendatang baru menganggarkan pengerjaan penahan tebing itu, luapan air sungai tersebut akan menimbulkan dampak yang lebih parah.

“Saran saya sebaiknya menggunakan anggaran darurat saja biar cepat. Soalnya kondisi sungainya sudah memprihatinkan”, tuturnya usai kunjungan, Senin (22/5/2023).

Selain itu, politisi yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren DDI Mangkoso, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini menyarankan agar anggaran sebesar Rp26 Miliar yang dialokasikan bagi penurapan sepanjang aliran Sungai Bontang digunakan untuk percepatan pembangunan turap di turunan Polres tersebut.

“Jadi tidak perlu menunggu anggaran perubahan, turap bisa segera dibangun mencegah terjadinya longsor susulan”, imbuhnya.

Lanjut Faisal, akan terus mengawal sampai perbaikan dan pembangunan turap dilakukan. Oleh karena itu, pihaknya bakal memanggil dinas terkait di antaranya PUPRK, Lurah Gunung Elai, Sekretaris Daerah (Sekda), dan Bapelitbang Kota Bontang.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak lima bangunan terancam terkena longsor di Sungai Betlehem Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, dampak dari drainase buntu yang mengakibatkan air sungai meluap.

Lima bangunan tersebut yakni Indomaret, English Training Center, Indo Therapy, Halal Bank serta gereja. Bahkan sungai sekitar pun mengalami penyempitan akibat longsor ini. (adv)

Penulis: Mira

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan