25.4 C
Bontang
Senin, Juli 15, 2024
spot_img

Disdikbud Kukar Maksimalkan Sarana dan Prasarana Sekolah dengan Bantuan Chromebook dan Laptop

KUKAR, KAREBAKALTIM.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya memaksimalkan pemenuhan sarana dan prasarana (sapras) di sekolah-sekolah.

Salah satu langkah nyata adalah dengan memberikan bantuan chromebook dan laptop.

Analisis Kebijakan Ahli Muda Bidang Kurikulum Disdikbud Kukar, Baharuddin, mengungkapkan tujuan pemberian bantuan ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran, tidak hanya dengan metode ceramah dan diskusi, tetapi juga memanfaatkan teknologi terbaru.

“Pembelajaran harus diimbangi antara diskusi dengan teknologi-teknologi terbaru,” ujar Baharuddin pada Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, pemenuhan sapras merupakan kebutuhan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu, Disdikbud Kukar berkomitmen untuk menyediakan sarana tersebut di semua jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Ini adalah upaya kami agar anak-anak bisa menguasai semua aspek pembelajaran,” tambah Baharuddin.

Baharuddin juga mengimbau para guru untuk bersabar, karena pembagian chromebook dan laptop dilakukan secara bertahap. “Tidak bisa sekaligus, harus bertahap,” katanya.

Ia berharap bantuan ini akan meningkatkan kemampuan guru di atas rata-rata, sehingga peserta didik bisa lebih aktif dalam pembelajaran, tidak hanya menerima materi tetapi juga berani menjelaskan dan bertanya tentang apa yang mereka belum pahami.

“Kami ingin mengubah cara belajar anak-anak, mereka harus lebih aktif dan interaktif,” pungkas Baharuddin. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan