BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Penghargaan ESS bagi 50 Perusahaan di Bontang

Sosialisasi Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Aplikasi JMO serta Penghargaan Emplyoment Sosial Security (ESS Award) Tahun 2021 di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Jumat (1/4). (Ist)

KAREBAKALTIM.com – BPJS Ketenagakerjaan Bontang gelar Sosialisasi Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Aplikasi JMO serta Penghargaan Emplyoment Sosial Security (ESS Award) Tahun 2021 di Pendopo Rujab Wali Kota Bontang, Jumat 1 April 2022.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bontang Ramdani mengatakan kegiatan hari ini sekaligus dirangkai menjadi tiga kegiatan. Pertama yakni sosialisasi program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP). Kedua sosialisasi aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), dan penyerahan penghargaan ESS.

Pada kegiatan pertama, pihaknya melakukan sosialisasi program jaminan kehilangan pekerjaan kepada para tamu undangan. Sosialisasi JKP ini gencar pihaknya lakukan diberbagai kesempatan. Dalam rangka memberikan manfaat dari JKP itu sendiri.

“Sosialisasi JKP ini sangat penting kita lakukan secara rutin. Agar buruh ataupun pekerja yang belum tetdaftar dapat segera mendaftarkan dirinya. Banyak jaminan yang diberikan kepada pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja, berupa manfaaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja ,” ujarnya.

Kedua, pihaknya juga mengenalkan aplikasi JMO kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat dipergunakan oleh peserta untuk mengakses beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari cek saldo, hingga klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan masih banyak lagi.

Terkait pengajuan klaim dan pengajuan JHT melalui aplikasi JMO, Ramdani menjelaskan saat ini hanya dapat melayani peserta dengan saldo maksimal Rp 10 juta.

“Nantinya, para peserta akan dengan mudah melakukan pencairan pada saat itu juga atau one day service. Sehingga tidak perlu repot lagi datang ke kantor cabang,” ungkapnya.

Terakhir kata dia, kegiatan ditutup dengan penyerahan penghargaan ESS kepada 50 perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan Bontang. Yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Bontang Najirah.

Pihaknya berharap, dengan adanya penghargaan ini, perusahaan-perusahaan bisa lebih baik lagi dalam mensejahterakan pekerjanya. Khususnya dalam rangka memberikan perlindungan sosial.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Najirah sangat mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang sampai saat ini masih konsisten memberikan perlindungan sosial bagi pekerja yang ada di Kota Taman.

Lebih jauh, Najirah mengucapkan selamat kepada perusahaan yang telah menerima penghargaan ini. Dan bagi pimpinan perusahaan dapat lebih meningkatkan terselenggaranya kesejahteraan bagi para pekerja.

“Mari kita bersama-sama bergandeng tangan untuk menyukseskan terselenggaranya jaminan sosial bagi seluruh buruh di Bontang,” pungkasnya. (*/BPJS-TK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini