28.5 C
Bontang
Jumat, Mei 24, 2024
spot_img

Aco Sebut Waduk Kanaan Potensi Cegah Banjir

KAREBAKALTIM.com – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, Abdul Samad menyebut waduk Kanaan yang berada di wilayah Kelurahan Bontang Barat dapat menjadi opsi pencegahan banjir.

Syaratnya, fungsi waduk yang berdiri di lahan Pemerintah Kota (Pemkot) tersebut harus dimaksimalkan. Kegiatan normalisasi, berupa pendalaman mendesak untuk dilakukan.

?Ini wujud Dewan serius dalam upaya mengatasi banjir. Penanganan waduk ini harus cepat dan diseriusi oleh pemerintah,? ujarnya saat ditemui usai mengunjungi langsung waduk Kanaan Jalan Soekarno-Hatta, Senin (20/12/2021).

Selain diperlukan pendalaman, masih dimungkinkan untuk dilakukan perluasan, mengingat dari luas lahan 12 hektar yang ada, luasan kolam baru sekira 8 hektar.

Samad meyakini jika waduk Kanaan berfungsi optimal dapat menekan potensi banjir tidak hanya di sekitar Bontang Barat, namun juga wilayah kota.

Sebab lokasinya yang strategis sebagai pintu utama masuknya aliran air yang berasal dari hulu Sungai Bontang.

?Infonya Provinsi minta diperluas lahannya jadi 40 hektar, agar bantuan Bankeu dan DAK dapat maksimal. Lebih baik Pemkot kerja nyata saja, maksimalkan lahan yang ada, 12 hektar ini maksimalkan,? bebernya.

Penulis : Mirah Hayati

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,800PelangganBerlangganan