29.1 C
Bontang
Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img

Disdikbud Kukar Gelar O2SN Tingkat SMP, Libatkan 316 Peserta

KUKAR, KAREBAKALTIM.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Sebanyak 316 peserta dari 53 satuan pendidikan terlibat dalam ajang ini yang berlangsung pada 9-12 Juni 2024.

Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung serba guna Disdikbud Kukar pada Minggu (9/6/2024) malam, sekaligus melakukan Technical Meeting.

Lomba tersebut mempertandingkan 5 cabang olahraga, yaitu Atletik, Bulu Tangkis, Renang, Karate, dan Pencak Silat.

Kepala Bidang SMP Disdikbud Kukar, Eryadi, mengungkapkan bahwa kegiatan O2SN merupakan program yang telah ditetapkan pemerintah Pusat, sehingga wajib dilaksanakan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

“Alhamdulillah kita mengadakan lagi di tahun ini dan pesertanya meningkat hampir 2 kali lipat pesertanya,” ujarnya.

Eryadi menjelaskan bahwa penyelenggaraan O2SN ini sesuai dengan visi kedua Bupati Kukar, yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul, berkarakter, dan berbudaya.

Melalui kegiatan ini, Disdikbud Kukar mengharapkan para peserta menjadi unggul, berkarakter, dan kuat mental.

“Di samping mereka berprestasi di bidang akademik, mereka juga berprestasi di bidang non-akademik seperti olahraga dan seni,” harap Eryadi.

“Jadi, mudah-mudahan ke depannya bisa tercipta anak-anak yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik,” tambahnya.

Kata Eryadi, penyelenggaraan O2SN juga menjadi tuntutan dari kurikulum merdeka untuk menjalankan ekstrakurikuler dan intrakurikuler.

“Jadi, itu harapan kita bersama disamping mereka berprestasi di sekolah, kami mengharapkan mereka unggul, yaitu unggul intelektual, emosi, dan agama,” pungkas Eryadi. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
22,100PelangganBerlangganan