31.6 C
Bontang
Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img

Disdikbud Kukar Giatkan Pelestarian Budaya Demi Cetak SDM Unggul

KUKAR, KAREBAKALTIM.com – Dalam upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mendorong pelestarian kebudayaan di daerah tersebut.

Kepala Disdikbud Kukar, Thauhid Aprilian Noor, menegaskan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya yang ada di Kukar sebagai langkah mewujudkan visi pemerintah kabupaten untuk menciptakan SDM yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya.

“Ini sesuai dengan visi pemerintah Kabupaten Kukar untuk mewujudkan SDM yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya,” kata Thauhid Aprilian Noor, Kamis (6/6/2024).

Thauhid mengungkapkan, Kukar memiliki sejarah kebudayaan sebagai tempat kerajaan Hindu tertua yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap generasi muda tidak meninggalkan atau melupakan kebudayaan di daerah tersebut dan berperan aktif dalam menjaga serta melestarikannya.

“Untuk itu diperlukan peran aktif generasi muda agar dapat menjaga dan melestarikan budaya,” ucapnya.

Selain keterlibatan generasi muda, Disdikbud Kukar juga mengharapkan dukungan dari instansi dan pemangku kepentingan lainnya.

Hal ini agar perkembangan kebudayaan di Kabupaten Kukar tidak tergerus oleh kemajuan zaman dan teknologi.

“Ini tugas dan kewajiban kita bersama, untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan. Agar tidak kalah bersaing dan hilang tergerus di tengah pesatnya perkembangan zaman,” pungkas Thauhid. (ADV)

Print Friendly, PDF & Email

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
22,100PelangganBerlangganan